JAKARTA, KOMPAS.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan inspeksi mendadak (sidak) di tiga lokasi di wilayah DKI Jakarta untuk memastikan pelaksaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro, Kamis (24/6/2021) ini.

Sigit mengatakan, PPKM mikro efektif menekan laju penularan SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 di zona merah dan kuning.

Baca juga: Presiden Pilih PPKM Mikro, Pimpinan Komisi IX: Sudah Tepat

“Pos PPKM mikro memiliki peran yang sangat penting dalam menekan laju perkembangan Covid-19. Perkuat kembali fungsi pos PPKM Mikro terutama dalam upaya 5M dan 3T,” kata Sigit dalam keterangannya.

Tiga pos PPKM mikro yang dikunjungi Kapolri dan Pangilma yaitu yang berada di Kelurahan Jagakarsa, Jakarta Selatan; Kelurahan Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur; dan Kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat.

Sigit berharap, kebutuhan logistik bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di zona merah diperhatikan oleh pemerintah setempat.

Sementara itu, Hadi meminta pemerintah memastikan ketersediaan fasilitas penanganan Covid-19 seperti alat tes PCR, obat-obatan, dan tempat isolasi. Termasuk juga tenaga kesehatan.

Baca juga: PPKM Mikro atau Lockdown? Anggota DPR: Yang Penting Implementasi dan Penegakan Aturan

“Kalau seluruh instrumen itu sudah terpenuhi, berarti pengendalian Covid-19 harus maksimal,” katanya.

Hari ini, pemerintah mencatat ada penambahan 20.574 kasus Covid-19 di Tanah Air. Maka, secara kumulatif, kasus Covid-19 mencapai 2.053.995. Sementara itu, pasien sembuh tercatat 1.826.504 orang dan meninggal dunia 55.949 orang.

 

Artikel sebelumyaPastikan Keamanan Distribusi Vaksin Covid-19, Kanit Sabhara Polsek Mare Kawal Hingga ke Puskesmas
Artikel berikutnyaKejar Target Jokowi 1 Juta Dosis/Hari, Polri Gelar Vaksinasi Massal Covid-19
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments